LINKS OF ME

Thursday, December 2, 2010

Moving Forward

Beberapa bulan terlepas dari akhir Agustus itu, aku belajar banyak hal. Dan semuanya sempurna:
Menghargai perbedaan dalam hal yang paling sensitif namun masih tetap dibungkus tawa. Mencari nama Tuhan yang tidak peduli apapun agamanya..
Mengatur hal-hal kecil dan melupakan hal besar. Mencermati setiap detail dan detik yang akan dilewati. Dan mengingat orang-orang yang baru saja lewat..
Mendalami bagaimana rasanya diduakan dan menduakan oleh orang yang sedang berusaha mendua. Mencintai segala perlakuannya ke aku dan tetap membenci pribadinya. Sampai akhirnya semua pudar..
Berusaha untuk jatuh cinta pada teman sekelas, kakak angkatan, atau bahkan mahasiswa jurusan lain. Dan.. tidak berhasil. Malah jatuh cinta dengan orang yang tidak pernah diduga. Beda kota, beda provinsi.
Menjalin persahabatan dibawah hujan dan kepulan asap Holden di jalanan Gwalk dengan sepenggal cerita cinta anak muda yang telah layu meskipun masih hijau..
Membalut kopi hitam buatan rumahan dan asap hasil pembakaran cengkeh dan tembakau berkualitas tinggi dengan permasalahan orang dewasa layaknya duduk di sebuah meja rapat dalam gedung perkantoran..
Mengerti bahwa suatu kegiatan sosial tidak pernah semudah yang terlihat. Meskipun masih lebih susah kegiatan politik..
Mengelabui Jogjakarta, menyelami kehidupan malamnya, memahami makna kota sendirian ketika hati sedang panas, kehilangan rasa menghargai suatu perbedaan hingga akhirnya menemukannya kembali dari segelas anggur, sebotol Bintang, dan secangkir kopi..
Satu tahun ini.. Hidup berjalan terlalu cepat. Bahkan ketika aku belum menyesali apa yang telah terjadi, dan memprediksi apa yang akan datang, segalanya sudah selesai.