LINKS OF ME

Friday, April 22, 2011

Good Friday

Cukup miris membaca salah satu tweet di home timeline saya yang berisi: 'Puji Tuhan, keluar rumah ibadah dengan selamat walaupun sempat merasa terancam.'

Saya muslim, tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam. Tapi negara ini mengakui beberapa agama lainnya, dan mengaku sebagai bangsa yang 'berbeda-beda tapi tetap satu jua'.
Tapi apa kalian lihat berita di televisi setiap mendekati hari besar bagi umat kristiani? Tragis.
Saya yang membanggakan negara ini dengan keberagamannya, justru harus mengakui adanya teror bom di beberapa tempat ibadah. Saya dibesarkan di banyak kota yang jauh berbeda satu sama lain, dan semuanya tahu bahwa Burung Garuda kita membawa pita bertuliskan 'Bhinneka Tunggal Ika', mereka semua tahu apa artinya, tapi saya tidak bisa menjamin mereka semua mengerti apa maksudnya. Hanya sekedar tahu.
Ini INDONESIA. Dengan keberagamannya, dengan keramah-tamahannya, dengan keindahan di setiap sudutnya. Dan saya sebagai seorang muslim, tidak ingin memperburuk nama agama saya di mata agama lain. Bisakah kita memberi kenyamanan pada umat beragama lain untuk merasa nyaman tinggal di negara ini?

Adam dan hawa pun diciptakan berbeda sejak awal, dan mereka dipersatukan. Pantaskah kita menginginkan sebuah negara yang hanya diisi dengan persamaan?

Saya melihat perbedaan ini sebagai kebesaran-Nya. Bagaimana Dia tetap berkuasa di tengah perbedaan. Dia tidak mungkin mempersatukan sesuatu untuk dipisahkan oleh umatnya sendiri.
Dia tidak butuh pembelaan untuk menunjukkan kekuasan-Nya. Lalu apa alasan kalian?

Dengan segala keberagaman di Indonesia,
Dengan ketulusan seorang muslim yang berusaha menghargai umat beragama lain,
Selamat merayakan Jumat Agung.
Maaf jika merasa terancam.