LINKS OF ME

Wednesday, April 25, 2012

Kedewasaan

Kadang gue heran sama orang-orang yang bisa ngerasa kalo dirinya udah dewasa tapi masih ngelakuin sikap yang ga bisa diterima sama orang lain, ga umum untuk orang seumurannya. Tapi kadang gue juga muak sama diri gue sendiri karena kadang gue ngerasa dewasa, kadang masih bisa nangis.
Makin kesini gue makin tau, sama halnya kayak kebebasan, kedewasaan itu juga ditentukan sama orang lain, apa yang jadi indikator kata dewasa buat tiap orang itu beda-beda. Temen gue, nganggep dewasa itu kuat, ga nangis kalo ada masalah. Temen gue satunya lagi nganggep dewasa itu sensitif, jadi ada masalah sekecil apapun dipikir banget supaya bisa bersikap dengan bener. Tapi yang lain lagi juga ada yang bilang kalo dewasa itu gimana kita bisa ga dibebani sama masalah kita. So?
Relatif. Kalo gue, ada orang yang belom dewasa menurut gue, bisa aja buat orang lain dia dianggep udah dewasa. Yang pasti, dari setiap sikap kita, kita pasti punya alasan buat bersikap gitu.. Tapi apa kita pernah mikir sikap kita itu ngeganggu orang lain atau enggak walaupun kita punya alasan yang kuat?
Dan gue cukup kaget baru-baru ini nemu orang yang ga bisa mikir kalo sikapnya itu ngeganggu orang lain atau enggak, lepas dari alasannya bersikap gitu, dan lepas dari kedewasaan.
Menurut gue, dia ga dewasa. Karena dia ga bisa mikir dengan bener gimana rasanya kalo jadi orang lain yang dirugiin, padahal orang lain itu ga ada salah apa-apa. Jadi ga ada dendam yang harus dibayar. Dia nguatin sikapnya pake alasan yang kuat, menurut dia. Tapi tetep aja gue ga bisa terima karena itu ga ada hubungannya dengan gimana harusnya dia ngehargain gue. Dia pake alasan tentang masa lalu yang sekarang udah bisa disanggah alias ga berlaku. Expired!
Kalo kata pacar gue sih ya, tiap orang itu bakal berubah. Tapi kalo lo ga berubah, siap-siap aja sama perubahan orang.
Dari masalah ini, gue berusaha buat sensitif dan bersikap walaupun ga pake nangis, tapi juga ga bikin ini jadi beban. Habislah waktu gue buat mikirin beban beginian. Mending mikir ntar malem makan apa deh.
Gue belom dewasa seutuhnya, tapi gue udah satu langkah lebih maju dari dia. Karena gue lebih tau kenyataan di umur segini harusnya gimana dan pemikiran gue lebih bisa diterima sama orang banyak daripada pemikiran dia yang masih kayak anak SMA. Ya tapi terserah sih kalo menurut dia, dia udah dewasa. Kan udah gue bilang itu relatif. Semoga ke depannya dia bisa lebih tau aja kehidupan yang ngehargain kehidupan orang lain itu gimana.
Sekarang kayaknya gue emang ga perlu pusing mikirin kedewasaan orang. Kita pikirin aja masing-masing, kita udah cukup dewasa atau belom. Tapi kalo masih ada yang ga bisa ngehargain posisi gue, gue bakal perlakuin dia dengan cara yang dewasa. Dewasa menurut gue. Sama halnya ketika gue terima-terima aja diperlakuin orang kayak apa yang pernah gue lakuin ke orang itu.

Saturday, April 21, 2012

  Atas permintaan para calon peserta dan kendala mereka dalam mengurus surat rekomendasi dari sekolah karena disibukkan dengan UN..  
PENDAFTARAN PESERTA LOMBA APC 2K12 DIUNDUR SAMPAI TANGGAL 24 APRIL 2004!
Jadi buat yang belum daftar, segera!


Tuesday, April 17, 2012

LOMBA ARTIKEL APC 2K12

Himpunan Mahasiswa Politik Universitas Airlangga menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang diberi nama Airlangga Politic Competition, dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2012. Lomba Penulisan Artikel dengan tema ‘My Indonesia Future’, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Peserta berasal dari siswa SMA/Sederajat (SMK/Ponpes/MA) diseluruh wilayah Jawa Timur.
a. Unduh semua berkas persyaratan berikut ini:
b. Fotocopy/scan kartu pelajar.
c. Artikel.
d. Softcopy pasfoto format jpeg.
2. Ketentuan artikel:
- Artikel dengan tema My Indonesia Future, menggambarkan harapan penulis mengenai masa depan Indonesia.
- Tulisan bisa berupa artikel dalam bentuk kritik terhadap kondisi bangsa saat ini, harapan mengenai kondisi masa depan Indonesia, maupun solusi dan langkah yang sebaiknya diambil oleh pemerintah maupun elemen masyarakat terhadap Indonesia yang lebih baik.
- Aspek yang dinilai dari artikel adalah gagasan dalam konteks sosial politik Indonesia, kritisisme tulisan, serta adanya harapan dan solusi dalam artikel tersebut.
- Gunakan bahasa yang lugas, bebas serta mudah dipahami dan menggunakan EYD yang benar.
- Tulisan bersifat orisinil dan bukan plagiarisme ide pihak lain.
- Format penulisan: Times New Roman font 12 spasi 1,5. Sekitar 700 – 1000 kata.
3. Pengiriman berkas terdiri dari dua cara, peserta bisa memilih salah satu.

a. Via Pos
Masukkan semua berkas kedalam amplop cokelat, dan kirim ke:
Himpunan Mahasiswa Politik (HIMAPOL) FISIP UNAIR
Student Center – Gedung A FISIP
Kampus B Universitas Airlangga
Jl. Dharmawangsa Dalam, Surabaya 60286
Pojok kiri atas amplop tulis ‘Lomba Artikel APC’.
Pengiriman paling lambat 20 April 2012 (cap pos).

b. Via Email
Lampirkan semua berkas pendaftaran dalam satu email. Subject email adalah ‘Lomba Artikel APC’. Kirim ke APC.2K12@gmail.com. Pengiriman paling lambat 20 April 2012.
Pengiriman dilakukan antara tanggal 1-20 April 2012.
4. Selesai mengirim (pos/email) harap konfirmasi, mengirim SMS dengan format
Nama#Asal Sekolah#Judul Artikel ke 085291244904
5. Pengumuman 5 artikel terbaik pada tanggal 1 Mei 2012, di http://politikunair.blogspot.com.
6. Peserta 5 artikel terbaik berkesempatan mempresentasikan karya mereka di acara Airlangga Politic Award 2012.
7. Sebelum acara akan dilaksanakan Technical Meeting pada tanggal 5 Mei 2012.
8. Karya yang masuk menjadi HAK PANITIA dan dapat dipergunakan oleh panitia.
9. Pengunguman pemenang pada tanggal 20 Mei 2012.
10. Ketentuan juri tidak dapat diganggu gugat.
11. Pemenang berhak atas hadiah:
1st Place: Piala, sertifikat, dan uang tunai.
2nd Place: Piala, sertifikat, dan uang tunai.
3rd Place : Piala, sertifikat, dan uang tunai.
12. Untuk informasi lebih lanjut, bisa buka di http://politikunair.blogspot.com atau twitter: @PolitikUnair atau kontak Taufik Agung Widodo (085291244904).

LOMBA DEBAT APC 2K12

Himpunan Mahasiswa Politik Universitas Airlangga menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang diberi nama Airlangga Politic Competition, dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2012. Lomba Debat dengan tema ‘My Indonesia Future’, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Peserta adalah 3 siswa/siswi aktif dari SMA, SMK, atau sederajat di Jawa Timur yang berkelompok menjadi satu tim. Satu tim diperbolehkan berasal dari kelas/angkatan/jurusan yang berbeda asal masih berada dalam satu sekolah.
2. Tiap sekolah diperbolehkan mendaftarkan lebih dari satu tim.
a. Unduh semua berkas persyaratan berikut ini:
b. Fotocopy/scan kartu pelajar
c. Esai
d. Softcopy pasfoto dengan format jpeg
3. Ketentuan esai:
a. Tema esai adalah My Indonesia Future dengan gagasan “Pemimpin Indonesia”
b. Esai diketik di kertas A4, bentuk portrait, menggunakan font Arial ukuran 12, dengan spasi 1,5 sekitar 500 – 600 kata.
c. Esai disertakan bersama dengan berkas pendaftaran.
d. Penilaian berdasarkan sistematika penulisan, orisinalitas, dan isi gagasan. Jika ditemukan unsur plagiat dalam esai maka peserta dinyatakan gugur sesuai dengan pernyataan orisinalitas pada berkas pendaftaran.
4. Pengiriman berkas terdiri dari dua cara:
a. Via Pos

Masukkan semua berkas kedalam amplop cokelat, dan kirim ke:
Himpunan Mahasiswa Politik (HIMAPOL) FISIP UNAIR
Student Center – Gedung A FISIP
Kampus B Universitas Airlangga
Jl. Dharmawangsa Dalam, Surabaya 60286
Pojok kiri atas amplop tulis ‘Lomba Debat APC’
Pengiriman paling lambat 20 April 2012 (cap pos).
b. Via Email
Lampirkan semua file berkas dalam satu email. Subject email adalah ‘Lomba Debat APC’. Kirim ke APC.2K12@gmail.com. Pengirman paling lambat 20 April 2012.
5. Ketentuan Debat:
a. Peserta terdaftar akan terpilih menjadi 8 besar berdasarkan seleksi esai yang telah dikirimkan. Pengumuman pada tanggal 30 April 2012 di http://politikunair.blogspot.com.
b. 8 tim terpilih berhak mengikuti rangkaian lomba debat selanjutnya serta dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,00/tim selambat-lambatnya dikirimkan tanggal 2 Mei 2012 ke rekening BCA 5075002618 atas nama Almas Ghaliya Putri Sjafrina.
c. 8 tim terpilih wajib mengikuti Technical Meeting pada tanggal 5 Mei 2012.
d. 8 tim terpilih akan mengikuti debat babak penyisihan I pada tanggal 12 Mei 2012 untuk menentukan 4 besar.
e. 4 tim terpilih akan mengikuti debat babak penyisihan II pada tanggal 19 Mei 2012 untuk menentukan 2 tim yang berhak memperebutkan juara 1 dan 2 serta 2 tim yang berhak memperebutkan juara 3.
f. 4 tim terpilih akan mengikuti final lomba debat pada tanggal 20 Mei 2012.
g. Puncak final dan pengunguman pemenang acara Airlangga Politic Award 20 Mei 2012.
6. Ketentuan juri tidak dapat diganggu gugat.
7. Pemenang berhak atas hadiah:
1st Place: Piala, sertifikat, dan uang tunai.
2nd Place: Piala, sertifikat, dan uang tunai.
3rd Place : Piala, sertifikat, dan uang tunai.
7. Untuk informasi lebih lanjut, bisa buka di http://politikunair.blogspot.com atau twitter: @PolitikUnair atau kontak Nesiawan Ferdinand (085646016226).

Saturday, April 14, 2012

LOMBA FOTOGRAFI APC 2K12

Himpunan Mahasiswa Politik Universitas Airlangga menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang diberi nama Airlangga Politic Competition, dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2012. Lomba Penulisan Artikel dengan tema ‘My Indonesia Future’, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Peserta berasal dari siswa SMA/Sederajat (SMK/Ponpes/MA) diseluruh wilayah Jawa Timur.
a. Unduh semua berkas persyaratan berikut ini :
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS
b. Fotocopy/scan kartu pelajar.
c. Artikel.
d. Softcopy pasfoto format jpeg.
2. Ketentuan artikel:
- Artikel dengan tema My Indonesia Future, menggambarkan harapan penulis mengenai masa depan Indonesia.
- Tulisan bisa berupa artikel dalam bentuk kritik terhadap kondisi bangsa saat ini, harapan mengenai kondisi masa depan Indonesia, maupun solusi dan langkah yang sebaiknya diambil oleh pemerintah maupun elemen masyarakat terhadap Indonesia yang lebih baik.
- Aspek yang dinilai dari artikel adalah gagasan dalam konteks sosial politik Indonesia, kritisisme tulisan, serta adanya harapan dan solusi dalam artikel tersebut.
- Gunakan bahasa yang lugas, bebas serta mudah dipahami dan menggunakan EYD yang benar.
- Tulisan bersifat orisinil dan bukan plagiarisme ide pihak lain.
- Format penulisan: Times New Roman font 12 spasi 1,5. Sekitar 700 – 1000 kata.
3. Pengiriman berkas terdiri dari dua cara, peserta bisa memilih salah satu.

a. Via Pos
Masukkan semua berkas kedalam amplop cokelat, dan kirim ke:
Himpunan Mahasiswa Politik (HIMAPOL) FISIP UNAIR
Student Center – Gedung A FISIP
Kampus B Universitas Airlangga
Jl. Dharmawangsa Dalam, Surabaya 60286
Pojok kiri atas amplop tulis ‘Lomba Artikel APC’.
Pengiriman paling lambat 20 April 2012 (cap pos).

b. Via Email
Lampirkan semua berkas pendaftaran dalam satu email. Subject email adalah ‘Lomba Artikel APC’. Kirim ke APC.2K12@gmail.com. Pengiriman paling lambat 20 April 2012.
Pengiriman dilakukan antara tanggal 1-20 April 2012.
4. Selesai mengirim (pos/email) harap konfirmasi, mengirim SMS dengan format Nama#Asal Sekolah#Judul Artikel ke 085291244904
5. Pengumuman 5 artikel terbaik pada tanggal 1 Mei 2012, di http://politikunair.blogspot.com.
6. Peserta 5 artikel terbaik berkesempatan mempresentasikan karya mereka di acara Airlangga Politic Award 2012.
7. Sebelum acara akan dilaksanakan Technical Meeting pada tanggal 5 Mei 2012.
8. Karya yang masuk menjadi HAK PANITIA dan dapat dipergunakan oleh panitia.
9. Pengumuman pemenang pada tanggal 20 Mei 2012.
10. Ketentuan juri tidak dapat diganggu gugat.
11. Pemenang berhak atas hadiah:
1st Place: Piala, sertifikat, dan uang tunai.
2nd Place: Piala, sertifikat, dan uang tunai.
3rd Place : Piala, sertifikat, dan uang tunai.
12. Untuk informasi lebih lanjut, bisa buka di http://politikunair.blogspot.com atau twitter: @PolitikUnair atau kontak Taufik Agung Widodo (085291244904).