LINKS OF ME

Thursday, January 10, 2013

Untuk Indonesia

Hari ini semua orang membicakan vonis Angelina Sondakh yang dinilai jauh lebih ringan dari yang mereka bayangkan. Topik lain adalah rencana pengangkatan Roy Suryo menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga, menggantikan Andi Mallarangeng yang mundur karena diduga terkait kasus korupsi.
Ada ratusan cacian di timeline saya tentang politik dan hukum. Mereka mengumpat presiden yang mereka pilih, mereka menertawakan aktivitas istana negara, dan yang paling menyedihkan, mereka berniat pindah kewarganegaraan karena pemerintahan Indonesia seburuk ini. Mereka kehilangan rasa cinta tanah air hanya karena hal yang tidak mereka mengerti.
Bukan cuma politik dan hukum yang perlu dibenahi di negara ini. Kesehatan, perekonomian, pendidikan, keamanan, sampai hal yang terlihat kecil dan bersifat lokal seperti transportasi pun selalu menjadi masalah disini.
Kita menginginkan perubahan. Kita butuh perubahan. Perubahan adalah proses tanpa henti dalam kehidupan. Hanya saja, tergantung kita membawa perubahan ini ke arah yang baik, atau yang buruk. Tergantung kita.
Pelajari, pahami, dan terapkan dengan baik. Di bidang apapun kalian saat ini. Karena masa depan bangsa ini, kita yang menentukan. Maka ada baiknya kita introspeksi. Apa kita sendiri sudah selalu taat dengan pertaturan lalu lintas? Apa kita sendiri selalu jujur masalah uang?
Perubahan untuk negeri ini, dimulai dari diri kita sendiri, dari hal yang paling kecil dan seringkali kita anggap sepele. Padahal kekuatan negara demokrasi, kekuatan Indonesia, (seharusnya) ada pada rakyatnya. Pada kita.
Ingin jadi rakyat yang seperti apa kalian untuk memperbaiki negara ini? Apa kalian sudah cukup kuat?
Jawab saja dalam hati kalian sendiri.
Saya, sedang berusaha.