LINKS OF ME

Sunday, March 31, 2013

Minggu Malam

Ini Minggu malam pertamaku dengan status yang bukan lagi mahasiswa. Tapi aku tidak di rumah. Sama seperti semua Minggu malam sebelumnya, selama 3,5 tahun. Disengaja atau tidak, selama 3,5 tahun aku tidak pernah menghabiskan Minggu malamku di rumah. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di kamar temanku dengan dvd yang sudah ditonton belasan kali sebelumnya. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku terjebak macet di perjalanan menuju Surabaya entah dari Malang ataupun Yogyakarta. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di coffee shop bersama sahabat dengan gosip-gosip tentang mantan pacar. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di kampus bersama belasan orang lainnya untuk mengerjakan tugas yang dikumpulkan esok harinya. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di pinggir jalan depan kampus dengan teman-teman yang menyisakan bau rokok menyengat di rambutku. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di rumah kontrakan pacarku, mendengarkan teman-temannya mengobrol sampai aku tertidur. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku untuk menonton sepakbola di markas tim sepakbola kesukaanku, atau bahkan rivalnya. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di rumah sakit, terbaring merasakan sakitnya obat yang disuntikkan ke selang infusku. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di pinggir pantai ataupun dataran tinggi ratusan kilometer dari Surabaya padahal esoknya aku harus menghabiskan waktuku sebanyak 12 SKS di kampus. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di pusat-pusat perbelanjaan menemani keluargaku yang tidak pernah lelah menyisir toko demi toko. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku di tempat hiburan malam dan mempertanyakan apa yang menyenangkan dari tempat itu. Aku pernah menghabiskan Minggu malamku entah dimana, mensyukuri semua yang Tuhan berikan padaku hingga malam itu. Dan masih banyak lagi. Tapi aku tidak pernah di rumah. Sekalipun.
Minggu depan, aku berencana menghabiskan Minggu malamku di rumah. Tidak seperti malam ini. Mungkin Minggu depan aku bisa menghabiskan Minggu malamku dengan menonton televisi di rumah bersama keluarga. Ada acara televisi apa di Minggu malam? Kalaupun itu sepakbola, aku akan berusaha membuat ibuku tetap di depan televisi untuk menemaniku menonton sepakbola dan menyembunyikan remote-nya.
Karena sebenarnya ini bukan tentang dimana kita menghabiskan Minggu malam kita. Melainkan tentang dengan siapa kita menghabiskan Minggu malam kita. Selama 3,5 tahun, aku tidak pernah menghabiskan Minggu malamku sendirian. Aku selalu menghabiskan Minggu malamku dengan orang-orang yang sangat berharga, yang membuat waktuku di setiap Minggu malam menjadi berharga. Seperti malam ini.