LINKS OF ME

Monday, October 21, 2013

Jangan Pernah Update Status 'I Hate Monday'

Sampai detik ini saya masih cukup heran dengan kalimat-kalimat keluhan tentang hari Senin di media sosial. Apa susahnya hari Senin? Apa bedanya Senin dengan hari yang lain?
Sejak sekolah, saya menganggap Senin biasa saja, kadang justru terasa spesial. Mungkin kali ini saya bisa membagi tips agar Senin kalian sama seperti Senin saya.


1. Siapkan hari Senin kalian di Jumat sore. Misalnya untuk yang masih kuliah, siapkan buku, tugas, dan baju kalian di Jumat sore, supaya tidak ada beban di akhir pekan. Sedangkan untuk yang bekerja, jangan lupa bersihkan meja kerja sebersih dan serapi mungkin sebelum meninggalkannya di akhir pekan. Sesampai di rumah, siapkan baju dan barang-barang yang harus dibawa ke kantor. Kebiasaan kecil seperti itu mampu membuat perubahan besar untuk lebih menikmati akhir pekan dan lebih siap menghadapi Senin.
2. Habiskan Minggu malam dengan hal yang menyenangkan. Ini selalu saya lakukan sejak entah kapan sampai detik ini. Saat kuliah, saya selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan teman-teman di Minggu malam untuk mengerjakan tugas. Walaupun sebenarnya tugas itu tidak dikumpulkan di hari Senin. Carilah tempat yang sederhana, yang penting bersama teman-teman. Dulu, saya selalu berkumpul bersama teman di teras kampus. Sebagian mengerjakan tugas, sebagian menonton sepakbola, sebagian lagi sebagai penggembira membawa gorengan dan es teh. Tapi ingat satu hal, jangan pulang larut malam. Hitung jam tidurmu, jadi pulanglah sebelum jam itu.
3. Jangan terlalu banyak tidur di akhir pekan. Secara medis, tidur 'pembalasan' di akhir pekan tidak akan menyehatkan tubuh. Justru itu akan merusak metabolisme tubuh yang sudah terbiasa dengan jam tidur sehari-hari. Saya pernah menghabiskan setiap malam dengan tidur hanya 4 jam, kemudian berniat tidur selama 10 jam di akhir pekan. Tidak berhasil. Saya bangun setelah tidur 8 jam dengan kepala berat dan hal itu justru mengharuskan saya meminum obat sakit kepala dan tetap berada di atas tempat tidur. Tidak percaya? Coba saja habiskan Minggu kalian dengan tidur sepanjang hari, bangun hanya untuk makan dan ke toilet. Di Senin pagi, kalian pasti akan lebih tidak bertenaga untuk bangun. Lagipula, apa untungnya menghabiskan waktu hanya untuk tidur?
4. Buatlah motivasi. Tunda sesuatu yang menyenangkan untuk diwujudkan di hari Senin. Entah itu mengakses situs-situs yang sudah direncanakan dengan memanfaatkan jaringan internet kampus/kantor (tapi ada beberapa kantor melarang hal ini), makan siang dengan menu spesial, sekedar mendengarkan lagu-lagu yang baru masuk ke playlist saat perjalanan ke kampus/kantor, atau makan malam bersama pacar. Bagi saya, makan malam atau menonton film dengan pacar di Senin malam itu harus diusahakan. Yaaa.. mungkin juga karena harga tiketnya lebih murah, jadi sekaligus membantu menghemat pengeluaran pacar. Lumayan buat tabungan nikah. Bukan sebuah keharusan untuk bertemu dengan orang pacar di hari Sabtu karena Sabtu biasanya semua restoran fully booked, bioskop penuh, dan jalanan macet. Sementara saya duduk manis di depan televisi menonton sepakbola, walaupun kadang juga bersama teman atau pacar. Tidak punya pacar untuk mengakhiri Senin malam kalian? Masih ada teman. Tidak ada teman? Masih ada keluarga. Tidak punya siapa-siapa? Masih ada salon. Atau toko buku. Atau butik-butik lokal. Ah, terlalu banyak hal yang menyenangkan di dunia ini..
5. Be a morning person. Lebih baik jika melakukan ini setiap hari. Tapi jika tidak memungkinkan karena hari-hari lainnya kamu pulang terlalu larut, usahakan bangun lebih pagi di hari Senin. Lakukan hal-hal menyenangkan seperti memasak untuk sarapan, menonton berita sambil minum kopi, apapunlah, yang penting menikmati pagi seperti orang-orang yang tidak dikejar waktu.
6. Terlanjur mendapatkan Senin yang menyebalkan walaupun sudah melakukan semua yang disarankan? Ceritakan. Bukan mengeluh, tapi ceritakan secara detail apa yang terjadi hari ini pada orang terdekat kalian. Atau bisa juga menuliskan semuanya. Kemudian baca lagi. Pahami apa atau siapa yang salah, sikapi dengan bijak, bukan dengan emosi. Buatlah agar hal-hal menyebalkan itu tidak terulang di hari-hari selanjutnya. Akhirnya pasti Senin kalian berakhir menyenangkan dengan mandi air hangat kemudian beranjak tidur tanpa beban di kepala.

Tapi ada sebagian orang yang tidak perlu melakukan saran-saran di atas untuk menjadikan hari Senin sebagai hari yang biasa saja. Mungkin karena mereka mampu mensyukuri apa yang mereka miliki di hari Senin. Menjadi orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan ataupun pendidikan, jauh lebih beruntung daripada mereka yang sampai detik ini masih menghabiskan Senin-nya dengan mencari lowongan pekerjaan, atau bahkan tidak mampu menikmati pendidikan di perguruan tinggi. Syukuri kesibukan kalian.

*Photo by @humanesketch