LINKS OF ME

Thursday, October 31, 2013

Not Just #30DaysSaveEarth

Seorang anak lelaki berusia 22 tahun duduk di hadapanku, sibuk dengan laptopnya, mencari tiket untuk penerbangan ke Kalimantan untuk akhir pekan ini. Dengan rokok di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kanannya, dan tatapan tajamnya, dia terlihat lebih dewasa dari laki-laki seumurannya. Dia memang lebih dewasa. Dia salah satu donatur dan penggiat sebuah organisasi besar yang peduli lingkungan hidup, terutama penanaman sejuta pohon. Tidak hanya uang yang diberikan, tapi juga waktu dan tenaga. Minggu depan, dia turun langsung ke Kalimantan untuk memperbaiki daerah bekas pertambangan yang ditinggalkan oleh penambang-penambang liar. Membuatnya kembali menjadi hutan, seperti seharusnya.
Aku salut. Tapi cukup aneh melihat dia menghabiskan penghasilannya dan pemberian orang tuanya untuk hal-hal yang tidak menguntungkan secara materi baginya. Sementara anak-anak seumurannya masih sibuk menikmati penghasilan dari pekerjaan baru mereka dengan berbagai cara yang jauh lebih sederhana.
Aku bertanya, "Kenapa menurutmu penanaman pohon itu penting?"
Dia meneguk kopinya, tersenyum kecil, kemudian menjawab dengan singkat, "Karena aku perokok."
Dia tahu aku tidak puas dengan jawabannya, kemudian dia melanjutkan, "Aku perokok. Aku menggunakan kendaraan bermotor. Aku merusak bumi. Aku menanam begitu banyak pohon untuk menebus rasa bersalahku.."
Aku paham. Hanya saja.. Ironisnya, dia memperbaiki paru-paru dunia di saat yang bersamaan dengan dia merusak paru-parunya sendiri.
Aku tersenyum. Dan dia mengakhiri percakapan sore itu dengan kalimat,
"Jika kamu tidak bisa memperbaiki kondisi lingkungan, paling tidak, jangan pernah sesekali membuatnya jadi lebih buruk."

Kita tidak perlu menjadi hebat untuk bisa menyelamatkan bumi. Justru kita akan menjadi hebat jika kita mampu menyelamatkan bumi. Terlalu mudah bagi kalian untuk menjadi pahlawan lingkungan. Buang sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan non-organik, gunakan produk ramah lingkungan, kurangi pemakaian plastik, kertas, aluminium, dan lain sebagainya, hemat pemakaian air, jangan biarkan alat elektronik menyala dalam kondisi standby untuk waktu yang lama, pikirkan untuk mendaur ulang atau memberikannya pada orang lain sebelum kalian membuang sebuah barang masih bisa dipakai, dan masih banyak cara lainnya. Hari ini mungkin hanya saya yang memulai. Besok, saya dan salah satu dari kalian yang melakukan hal-hal tersebut. Mungkin besok ada tiga orang. Minggu depan? Bulan depan? Tahun depan?

Perlu kalian ketahui, bumi ini akan memiliki umur yang jauh lebih panjang jika kita tidak berada disini. Jadi sebagai makhluk yang berakal dan merasa lebih baik dari binatang, jangan sampai kita melakukan hal yang justru merusak tempat tinggal kita sendiri.

Terima kasih kepada @unidzalika dan @jungjawa yang telah mengadakan #30DaysSaveEarth selama Oktober kemarin. Sebuah event menulis tentang cara nyata untuk menyelamatkan bumi selama bulan Oktober. Bahwa sesungguhnya menyebarkan hal baik yang kita lakukan memang akan membuatnya jadi lebih baik.

Saya percaya, di antara kalian yang membaca tulisan ini, walaupun melewatkan #30DaysSaveEarth kemarin, akan berjanji di dalam hati untuk lebih peduli dengan lingkungan. Selama kalian menginjak bumi ini.